Rabu, 06 Maret 2013

laporan perjalanan study tour jogjakarta

LAPORAN PERJALANAN

5.      NUR LAELATUL UDHIYYAH

KEMENTERIAN AGAMA
MTs SA PECABEAN
( MADRASAH TSANAWIYAH – SATU ATAP)
Alamat : Jl. Purwitasari Kec. Pangkah Kab. Tegal 52471
( (0283) 444588

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR JOGJAKARTA.
            Laporan perjalanan ini merupakan hasil peninjauan secara langsung dari objek wisata di Jogjakarta yang merupakan syarat untuk melengkapi tugas kelas IX semester V tahun pelajaran 2011/2012. Selain itu, kami juga berharap agar laporan perjalanan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.
            Pada kesempatan ini, kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan sebagaimana mestinya berkat bantuan berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih kepada :
1.    Ayah dan Ibu tercinta.
2.    Ibu Hj. Alfiyah,  M.Pd , selaku Plt. Kepala MTs SA Pecabean.
3.    Ibu Etika Satyatun Putri, S.Pd , selaku pembimbing.
4.    Semua pihak yang telah memberikan saran dan masukan sebagai bahan dalam penulisan laporan perjalananini.
Kami sadar sepenuhnya bahwa dalam penulisan laporan perjalanan ini masih banyak kekurangan, maka dari itu saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan dari pembaca demi menyempurnakan laporan perjalanan ini.
            Harapan kami semoga penyusunan laporan perjalanan ini diterima dan dimengerti serta bermanfaat bagi kami maupun pembaca.

Pecabean,………….2012

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Jogjakarta merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia. Jogjakarta merupakan daerah yang sangat indah karena banyak terdapat objek wisata yang mempunyai daya tarik tersendiri dan sebagai tempat yang banyak di kunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri.
      Dalam laporan perjalanan ini, kami akan membahas tentang objek wisata di Jogjakarta yang merupakan tujuan study tour.

B. Tujuan Penulisan
            1.1       Tujuan Umum
@  Kami ingin menjelaskan dan menggambarkan objek wisata di Jogjakarta dengan segala keindahannya.
@  Untuk lebih mengenal kekayaan budaya Indonesia yang ada khususnya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1.2       Tujuan Khusus
                     Penulisan laporan perjalanan ini bertujuan untuk melengkapi tugas kelas IX semester  V tahun pelajaran 2011 / 2012 MTs SA Pecabean.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Persiapan
Persiapan umum yang kami laksanakan untuk mengadakan study tour ke Jogjakarta ini adalah menyiapkan perbekalan masing-masing seperti : baju, perlemgkapan shola, makanan ringan, obat-obatan, dan sebagainya. Guna mendukung pelaksanan tugas saat study tour.

B.   Jadwal Pemberangkatan
No.
Waktu
Kegiatan
20.00 - 21.00
Berkumpul di kampus MTs SA Pecabean dan check in peserta serta pengarahan-pengaran selama study tour.
21.00
Berangkat ke Jogajakarata.
03.30 – 05.30
Diperkirakan telah tiba di Magelang untuk sholat subuh dan berziarah di makam Mbah Dalhar.
05.30 – 07.00
Melanjutkan perjalanan menuju ke warung makan Kampoeng Ulu untuk sarapan pagi dan membersihkan badan.
07.00 – 07.30
Melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur.

C.   Perjalanan
Perjalanan untuk mencapai lokasi tujuan melalui berbagai kota dan kabupaten seperti : Kabupaten Brebes, Purwokerto, Kebumen, dan lain-lain. Sehingga kami mengetahui secara langsung letak-letak walaupun tidak terlihat secara jelas karena perjalanan yang ditempuh malam hari dan tidak semua nama-nama tempat kami mengetahuinya, karena kami tertidur dalam perjalanan.

D.   Tempat Tujuan
Pukul 08.00 tiba di Candi Borobudur. Di sana sedang hujan, terpaksa kami menunggu hujan reda untuk masuk ke candi. Setelah menunggu lama, hujan tidak kunjung reda. Akhirnya kami menyewa payung dan masuk ke candi bersama-sama.
Sesampainya di candi kami berkeliling-liling, dan berfoto-foto walaupun hujan, kita tetap menikmati keindahan relief candi tersebut dengan gembira.
Candi Borobudur dibangun abad ke-8. Nama arsiteknya Guna Darma, Dinasti Sailendra yang Rajanya bernama Samaratungga. Penemu Candi Borobudur ialah Raffles dari Inggris pada tahun 1814. Nama Borobudur berasal dari kata Boro berarti wihara, dan Budur berarti di atas. Cara membaca relief Candi Borobudur dengan pradatsina / searah dengan jarum jam.
Loaksi Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Brobudur, Kabupaten Magelang.
Selain ke candi kami juga mengunjungi beberapa museum yang berada di sekitar Candi Borobudur seperti : Museum Samudra Raksa, lukisan, dan patung. Kami juga mengunjungi Pasar Seni.
Selesai ke candi, kami melanjutkan perjalanan ke Monumen Jogja Kembali atau yang sering kami kenal MONJALI. Perjalanan menuju monjali tidak bagitu lama. Setelah sampai di tempat parker, kami menyantap makan siang terlebih dahulu sebelum masuk ke monjali.
Di dalam monjali terdapat gedung yang berbentuk pyramid. Di dalamnya terdapat 3 lantai. Masing-masing lantai berisi bermacam-macam benda seperti pada lantai 1 berisi alat-alat perang, andong, sepeda yang dipaki pada saat penjajahan melawan Belanda, dan masih banyak lagi. Pada lantai 2 berisi patung-patung yang menggambarkan penjajahan jaman dahulu seperti : pada saat perang griliya, penandatanganan Roem Royen, dan yang lain. Pada lantai 3 berisi ukiran di dinding yang berbentuk tangan yang memegang bamboo runcing, dan pena.
Keluar dari monjali kami melanjutkan perjalanan menuju ke kebun binatang Gembira Loka.
Ide awal pembangunan kebun binatang Gembira Loka bersal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1993 dinamakan Kebun Rejo dengan bantuan arsitek dari Belanda bernama Ir. Karsten.namun terhenti akibat dampak dari Perang Dunia II. Pembangunan kembali dilanjutkan pada tahun 1959 oleh Tirtowinoto.
Selain koleksi binatangnya banyak, di sana juga terdapat banyak wahana-wahana yang bagus  seperti :  MAJANG TIRTO, Gua Sarpha, terapi ikan, kantin atau warung dengan nama yang lucu-lucu.
Setelah dari kebun binatang Gembiara Loka kami melanjutkan ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga kami yang di rumah.
Pukul 20.30 kami meninggalkan Malioboro untuk perjalanan pulang. Di tengah perjalanan kami berhenti di Resto Paradise untuk santap makan malam.
Dalam perjalana pulang kami semua tidur karena sangat capeknya. Tetapi walaupun capek kami semua merasa gembira.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kesimpulan dari study tour sejarah yang mengunjungi beberapa objek wisata di Jogjakarta yang merupakan hasil budaya dari nenek moyang kita adalah bahwa suatu tempat yang bersejarah perlu dijaga kelestariannya dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya dengan berbagai hal positif seprti mengunjungi.

B.   Saran
Saran dari kami, kami mersa senang atas diadakannya study tour ini. Tapi kami harapkan kepada semua siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan jika diadakan study tour lagi.
Kami harap agar semua siswa bias ikut dalam study tour berikutnya.