LAPORAN PERJALANAN
STUDY
TOUR JOGJAKARTA
DISUSUN OLEH :
1.
ALFIYA
NURJANAH
2.
AYU
RIZKIANA
3.
GHOFIROH
OFIYANI
4.
IRA
WINARSIH
5.
NUR
LAELATUL UDHIYYAH
KEMENTERIAN
AGAMA
MTs
SA PECABEAN
(
MADRASAH TSANAWIYAH – SATU ATAP)
Alamat
: Jl. Purwitasari Kec. Pangkah Kab. Tegal 52471
( (0283) 444588
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga kami dapat menyelesaikan LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR JOGJAKARTA.
Laporan
perjalanan ini merupakan hasil peninjauan secara langsung dari objek wisata di
Jogjakarta yang merupakan syarat untuk melengkapi tugas kelas IX semester V
tahun pelajaran 2011/2012. Selain itu, kami juga berharap agar laporan
perjalanan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Pada
kesempatan ini, kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan sebagaimana
mestinya berkat bantuan berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih
kepada :
1. Ayah
dan Ibu tercinta.
2. Ibu
Hj. Alfiyah, M.Pd , selaku Plt. Kepala
MTs SA Pecabean.
3. Ibu Etika
Satyatun Putri, S.Pd , selaku pembimbing.
4. Semua
pihak yang telah memberikan saran dan masukan sebagai bahan dalam penulisan
laporan perjalananini.
Kami
sadar sepenuhnya bahwa dalam penulisan laporan perjalanan ini masih banyak
kekurangan, maka dari itu saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan
dari pembaca demi menyempurnakan laporan perjalanan ini.
Harapan kami semoga penyusunan
laporan perjalanan ini diterima dan dimengerti serta bermanfaat bagi kami
maupun pembaca.
Pecabean,………….2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………… iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ……………………………………………………….. 1
B. Tujuan ………………………………………………………………… 1
BAB
II PEMBAHASAN
A. Persiapan
……………………………………………………………... 2
B. Jadwal
Pemberangkatan …………………………………………… 2
C. Perjalanan
……………………………………………………………. 2
D. Tempat
Tujuan ………………………………………………………. 2
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
…………………………………………………………... 8
B. Saran
………………………………………………………………….. 8
DAFTAR
PUSTAKA ……………………………………………………………... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Jogjakarta
merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia. Jogjakarta merupakan daerah
yang sangat indah karena banyak terdapat objek wisata yang mempunyai daya tarik
tersendiri dan sebagai tempat yang banyak di kunjungi wisatawan dalam maupun
luar negeri.
Dalam laporan perjalanan ini, kami akan membahas tentang objek
wisata di Jogjakarta yang merupakan tujuan study tour.
B. Tujuan Penulisan
1.1
Tujuan Umum
@ Kami
ingin menjelaskan dan menggambarkan objek wisata di Jogjakarta dengan segala
keindahannya.
@ Untuk
lebih mengenal kekayaan budaya Indonesia yang ada khususnya yang ada di Daerah
Istimewa Yogyakarta.
1.2 Tujuan
Khusus
Penulisan
laporan perjalanan ini bertujuan untuk melengkapi tugas kelas IX semester V tahun pelajaran 2011 / 2012 MTs SA
Pecabean.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Persiapan
Persiapan umum yang kami laksanakan untuk mengadakan
study tour ke Jogjakarta ini adalah menyiapkan perbekalan masing-masing seperti
: baju, perlemgkapan shola, makanan ringan, obat-obatan, dan sebagainya. Guna
mendukung pelaksanan tugas saat study tour.
B. Jadwal Pemberangkatan
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1.
|
20.00
- 21.00
|
Berkumpul di kampus MTs SA
Pecabean dan check in peserta serta pengarahan-pengaran selama study tour.
|
2.
|
21.00
|
Berangkat ke Jogajakarata.
|
3.
|
03.30
– 05.30
|
Diperkirakan telah tiba di
Magelang untuk sholat subuh dan berziarah di makam Mbah Dalhar.
|
4.
|
05.30
– 07.00
|
Melanjutkan perjalanan
menuju ke warung makan Kampoeng Ulu untuk sarapan pagi dan membersihkan
badan.
|
5.
|
07.00
– 07.30
|
Melanjutkan perjalanan ke
Candi Borobudur.
|
C. Perjalanan
Perjalanan untuk mencapai lokasi tujuan melalui berbagai
kota dan kabupaten seperti : Kabupaten Brebes, Purwokerto, Kebumen, dan
lain-lain. Sehingga kami mengetahui secara langsung letak-letak walaupun tidak
terlihat secara jelas karena perjalanan yang ditempuh malam hari dan tidak
semua nama-nama tempat kami mengetahuinya, karena kami tertidur dalam
perjalanan.
D. Tempat Tujuan
Pukul 08.00 tiba di Candi Borobudur. Di sana sedang
hujan, terpaksa kami menunggu hujan reda untuk masuk ke candi. Setelah menunggu
lama, hujan tidak kunjung reda. Akhirnya kami menyewa payung dan masuk ke candi
bersama-sama.
Sesampainya di candi kami berkeliling-liling, dan
berfoto-foto walaupun hujan, kita tetap menikmati keindahan relief candi
tersebut dengan gembira.
Candi Borobudur dibangun abad ke-8. Nama arsiteknya Guna
Darma, Dinasti Sailendra yang Rajanya bernama Samaratungga. Penemu Candi
Borobudur ialah Raffles dari Inggris pada tahun 1814. Nama Borobudur berasal
dari kata Boro berarti wihara, dan
Budur berarti di atas. Cara membaca
relief Candi Borobudur dengan pradatsina /
searah dengan jarum jam.
Loaksi Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur,
Kecamatan Brobudur, Kabupaten Magelang.
Selain ke candi kami juga mengunjungi beberapa museum
yang berada di sekitar Candi Borobudur seperti : Museum Samudra Raksa, lukisan,
dan patung. Kami juga mengunjungi Pasar Seni.
Selesai ke candi, kami melanjutkan perjalanan ke Monumen
Jogja Kembali atau yang sering kami kenal MONJALI. Perjalanan menuju monjali
tidak bagitu lama. Setelah sampai di tempat parker, kami menyantap makan siang
terlebih dahulu sebelum masuk ke monjali.
Di dalam monjali terdapat gedung yang berbentuk pyramid. Di
dalamnya terdapat 3 lantai. Masing-masing lantai berisi bermacam-macam benda
seperti pada lantai 1 berisi alat-alat perang, andong, sepeda yang dipaki pada
saat penjajahan melawan Belanda, dan masih banyak lagi. Pada lantai 2 berisi
patung-patung yang menggambarkan penjajahan jaman dahulu seperti : pada saat
perang griliya, penandatanganan Roem Royen, dan yang lain. Pada lantai 3 berisi
ukiran di dinding yang berbentuk tangan yang memegang bamboo runcing, dan pena.
Keluar dari monjali kami melanjutkan perjalanan menuju ke
kebun binatang Gembira Loka.
Ide awal pembangunan kebun binatang Gembira Loka bersal
dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1993 dinamakan Kebun
Rejo dengan bantuan arsitek dari Belanda bernama Ir. Karsten.namun terhenti
akibat dampak dari Perang Dunia II. Pembangunan kembali dilanjutkan pada tahun
1959 oleh Tirtowinoto.
Selain koleksi binatangnya banyak, di sana juga terdapat
banyak wahana-wahana yang bagus seperti
: MAJANG TIRTO, Gua Sarpha, terapi ikan,
kantin atau warung dengan nama yang lucu-lucu.
Setelah dari kebun binatang Gembiara
Loka kami melanjutkan ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga kami
yang di rumah.
Pukul 20.30 kami meninggalkan Malioboro
untuk perjalanan pulang. Di tengah perjalanan kami berhenti di Resto Paradise
untuk santap makan malam.
Dalam perjalana pulang kami semua tidur
karena sangat capeknya. Tetapi walaupun capek kami semua merasa gembira.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kesimpulan
dari study tour sejarah yang mengunjungi beberapa objek wisata di Jogjakarta
yang merupakan hasil budaya dari nenek moyang kita adalah bahwa suatu tempat
yang bersejarah perlu dijaga kelestariannya dan merupakan tanggung jawab kita
bersama untuk menjaganya dengan berbagai hal positif seprti mengunjungi.
B.
Saran
Saran
dari kami, kami mersa senang atas diadakannya study tour ini. Tapi kami
harapkan kepada semua siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan jika diadakan
study tour lagi.
Kami
harap agar semua siswa bias ikut dalam study tour berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
1. Buku
Candi Borobudur Selayang Pandang
infonya sangat menarik salam kenal :)
BalasHapusterimakasih :))) salam kenal
BalasHapus